Kamis, 22 Oktober 2009

27 Free Open Source Software yang Handal



Free / Open Source Software (FOSS) adalah Software dengan source code bebas ataupun gratis dalam pemakaiannya. Richard Stallman, salah seorang pengembang FOSS menyatakan::
 
"Perangkat lunak bebas mengubah pola inovasi dengan mengundang semua orang untuk berpartisipasi .. Tapi kebebasan yang lebih penting."
Ada banyak FOSS yang terdapat kini. Fungsinya pun beragam serta tidak kalah dengan software berbayar. Di bawah ini ialah FOSS yang berguna untuk kinerja dasar komputer maupun menengah:

1. 7 Zip
7-Zip adalah file Pengarsip dengan rasio kompresi yang tinggi. Mendukung. Zip dan. Gp file

2. Abakt
Free backup software, software yang melakukan backup untuk data-data penting..
 
3. Audacity
Audacity adalah open sorce sekaligus software free untuk rekaman dan menyunting suara. Tersedia untuk platform Mac OS X, Microsoft Windows, GNU / Linux, dan sistem operasi lain.
 
4. Azureus
Software untuk mencari torrents yang berada di Internet.
 
5. Blender
Blender adalah open source yang gratis pembuatan konten 3D suite, tersedia untuk semua sistem operasi utama di bawah GNU General Public License.
 
6. ClamWin
ClamWin Free Antivirus adalah program untuk Microsoft Windows 98/Me/2000/XP/2003 dan Vista.
ClamWin Free Antivirus merupakan freeware serta open source code. Anda dapat men-download dan menggunakannya secara cuma-cuma.  

7. FileZilla
FileZilla, software ftp terbaik dan gratis. Baik klien dan server yang tersedia. FileZilla adalah perangkat lunak open source didistribusikan dibawah ketentuan dari GNU General Public License
 
8. FireFox
Web Browseryang sangat inovatif dan memiliki fitur yang powerful. Dan kini Firefox 3 hadir dengan kecepatan dan puluhan fitur baru.
 
9. GeoGebra
GeoGebra adalah freeware dan multi-platform perangkat lunak matematika dinamis untuk sekolah dalam pembelajaran geometri, aljabar dan kalkulus. GeoGebra menerima beberapa penghargaan internasional termasuk Eropa dan perangkat lunak pendidikan di Jerman.  

10. Gimp
GIMP adalah GNU Image Manipulation Program. Software yang bebas didistribusikan secara luas. Digunakan sebagai peranti pengolah gambar seperti foto retouching, komposisi gambar dan gambar authoring. GIMP bekerja pada banyak sistem operasi, dan tersedia dalam banyak bahasa.

11. GraphCalc
GraphCalc adalah software cerdas all-in-one. Solusi untuk segala sesuatu mulai dari aritmatika sehari-hari untuk analisis statistik, dari beta ke boolean, dari desimal ke turunan, dlsb. GraphCalc menggabungkan semua fitur dari paket matematika profesional dengan kesederhanaan yang mudah untuk dipelajari. Tampilannya yang user-friendly memberikan bantuan dan tutorial untuk memandu Anda melalui proses mudah dan menyenangkan menguasai GraphCalc.
 
12. HTTrack
HTTrack merupakan freeware yg mudah digunakan sebagai offline browser utility. Hal ini memungkinkan Anda untuk men-download situs World Wide Web dari Internet ke direktori lokal, membangun direktori secara rekursif semuanya, mulai HTML, gambar, dan file lainnya dari server ke komputer Anda.
 
13. Inkscape
Open Source vector graphics editor, dengan kemampuan serupa dengan Illustrator, CorelDraw, atau Xara X, dengan menggunakan standar W3C Scalable Vector Graphics (SVG) file format. Inkscape SVG mendukung banyak fitur canggih (markers, clones, alpha blending, dll) dan sangat hati-hati diambil dalam merancang streamline antarmuka. Sangat mudah untuk mengedit node, melakukan operasi jalan kompleks, trace bitmaps dan banyak lagi.
 
14. MoinMoin
MoinMoin mudah digunakan dan extensible WikiEngine dengan komunitas besar pengguna. Said dalam beberapa kata, ini adalah tentang kolaborasi pada halaman web dengan mudah diedit. MoinMoin adalah perangkat lunak gratis berlisensi di bawah GPL.
 
15. Notepad + +
Notepad + + adalah software editor kode sumber pengganti Notepad, yang mendukung beberapa bahasa pemrograman, yang berjalan dibawah lingkungan Windows MS.
 
16. NVU
Web Authoring System Komplit untuk Linux desktop pemakai untuk mendesain website. Nvu (singkatan dari NewVieW) membuat mengelola situs web sekejap. Sekarang siapa pun dapat membuat halaman web dan mengelola situs web tanpa keahlian atau pengetahuan teknis dari HTML.
 
17. OpenOffice
OpenOffice.org 2 adalah open-source perangkat lunak perkantoran suite untuk pengolahan kata, spreadsheet, presentasi, grafis, database dan banyak lagi. Tersedia dalam banyak bahasa dan bekerja pada semua sistem operasi. Fitur-fitur yang mirip dengan Microsoft Office dengan lisensi gratis..
 
18. PDF Creator
PDFCreator mudah menciptakan PDF dari OS Windows. Gunakan untuk mencetak dengan Word, StarCalc atau aplikasi Windows lainnya.
 
19. Pidgin
Pidgin adalah multi-protokol Instant Messaging client yang memungkinkan Anda untuk menggunakan semua account IM Anda sekaligus. Pidgin dapat bekerja dengan: AIM, Bonjour, Google Talk, ICQ, IRC, MSN, Yahoo dan banyak lagi.
Pidgin adalah perangkat lunak bebas. Hal ini berlisensi di bawah GNU General Public License (GPL) versi 2. Ini berarti Anda bebas menggunakan dan untuk mengubah itu, tapi jika Anda mendistribusikan modifikasi Anda, Anda harus mendistribusikan source code yang diubah juga.
 
20. RSSowl
RSSOwl memungkinkan Anda mengumpulkan, mengatur, memperbarui, dan menyimpan informasi dari berbagai sumber sesuai dengan mudah, mudah digunakan antarmuka, dipilih menyimpan informasi dalam berbagai format untuk secara offline melihat dan berbagi, dan banyak lagi. Sangat mudah untuk mengkonfigurasi, tersedia dalam banyak banyak bahasa dan yang terbaik dari semua.
 
21. Scribus
Scribus adalah sebuah program sumber terbuka yang memenangkan penghargaan tata letak pro layout pada Linux / Unix, MacOS X, OS / 2 dan Windows desktop dengan kombinasi "press-ready" output dan pendekatan baru ke halaman tata letak. Bawah modern dan user friendly interface, Scribus mendukung fitur penerbitan profesional, seperti warna CMYK, manajemen warna ICC dan serbaguna PDF penciptaan.
 
22. Stellarium
Stellarium adalah software open source Planetarium untuk komputer Anda. Stellarium menunjukkan langit yang realistis dalam 3D, seperti apa yang Anda lihat dengan mata telanjang, teropong atau teleskop dan seperti yang anda lihat di Planetarium.z
 
23. ThunderBird
Mozilla Thunderbird 2 adalah aplikasi email yang powerful. Dalam versi yg terbaru lebih mudah untuk mengorganisir, aman dan menyesuaikan mail Anda.
Thunderbird 2 fitur banyak perangkat tambahan baru untuk membantu Anda lebih baik mengelola kotak masuk Anda susah diatur, dan tetap informasi. Thunderbird 2 skala yang paling canggih kebutuhan organisasi sementara membuat mudah untuk menemukan apa yang Anda butuhkan.
 
24. Tight VNC
TightVNC adalah gratis remote control paket perangkat lunak yang berasal dari software VNC populer. Dengan TightVNC, Anda dapat melihat desktop dari komputer remote dan mengontrolnya dengan mouse dan keyboard lokal, seperti kamu akan melakukannya duduk di depan komputer.
 
25. Tux Paint
Tux Paint " merupakan program pengolah gambar free dengan fotur yang mirip dengan Paint di Windows.
 
26. WinSCP
WinSCP adalah open source SFTP klien dan klien FTP untuk Windows. Fungsi utamanya adalah transfer file aman antara lokal dan komputer remote.

27. Wubi - Ubuntu Linux 8,04 Windows Installer
Wubi adalah installer Ubuntu didukung secara resmi untuk para pengguna windows yang dapat membawa Anda ke dunia Linux dengan satu klik. Wubi memungkinkan Anda untuk menginstal dan uninstall Ubuntu seperti aplikasi Windows lainnya, dalam sebuah cara yang sederhana dan aman.
(Berbagai Sumber)
Reblog this post [with Zemanta]

0 komentar:

Posting Komentar

Search on this blog