Jumat, 23 Oktober 2009

IGOS NUSANTARA: Linux Buatan Indonesia



Versi terbaru Igos (Indonesia Go Open Source) Nusantara, sistem operasi berbasis open source, akan segera diluncurkan dengan banyak kelebihan dan penyempurnaan dari versi sebelumnya (Igos 2006).

"Igos Nusantara 2008 ini lebih 'compatible' dengan sistem lain di luar format linux seperti format NTFS (new technology file system -red) yang menopang Windows Xp dan Windows Vista. Igos sebelumnya hanya bisa membaca windows 98 yang masih berbasis FAT 32," kata Kepala Pusat Penelitian Informatika LIPI Dr Tigor Nauli di Jakarta, Senin.

Tigor Nauli mengatakan pula Igos versi baru ini juga memudahkan penggunanya menambah berbagai device seperti hardisk eksternal dan menginstalasi berbagai software device lainnya.

Igos yang berlatar biru dengan logo bendera Merah Putih itu juga telah dirancang mulus dalam mengoperasikan berbagai peralatan multimedia seperti DVD, MP4 dan lain-lain.

Sistem "office"-nya juga memiliki lebih banyak fitur, fungsi dan yang lebih menyenangkan sudah berwarna, tak banyak bedanya dengan Microsoft-Office, tambahnya.

Selain itu, Igos buatan LIPI ini juga melengkapi kebutuhan penggunanya dengan menambah sistem file back up dan restore, sehingga untuk meng-upgrade versi lama ke versi baru tak akan ada file yang terhapus.

Dengan Igos 2008 yang tersedia gratis ini diharapkan masyarakat lebih tertarik dan menghindari penggunaan Microsoft Windows bajakan berhubung sistem operasi windows cukup mahal di pasaran. Sebenarnya Igos 2006 saja sudah memiliki cukup banyak aplikasi yang tak kalah dengan Microsoft Windows, namun diakui kurang menarik minat karena kalah populer.

Nasib yang sama juga terjadi pada perangkat lunak Open Source sejenis seperti Ubuntu dan lain-lain.
Open Source adalah aplikasi komputer berbasis kode-kode program terbuka dan dapat dipelajari dan dikembangkan sendiri oleh masyarakat pengguna secara gratis.

Spesifikasi Computer:
  • Hardisk minimal 6 Gg untuk sistem 4 Gg sisanya dan Penyimpanan Data
  • Ram minimal 256
  • Processor minimal pentium II 500
  • Lenguage / Bahasa competible Indonesia

Spesifikasi diatas sangat rendah sekali dan sangat mudah dijangkau untuk berbagai kalangan. Sudah jelas disini berarti IGOS Nusantara ditujukan untuk masyarakat umum. Mari kita cintai produk Indonesia. Sudah saatnya Indonesia bangkit dan berkreasi membangun negeri!

(Sumber:rixco.multiply.com)

0 komentar:

Posting Komentar

Search on this blog